KI Pusat Ingatkan WNI di Malaysia, Pentingnya Keterbukaan Informasi dalam Pemilu 2024 Pi

- Pewarta

Jumat, 10 November 2023 - 11:25 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

INFOMARITIM.COM – Pmpinan Delegasi Komisi Informasi (KI) Pusat Arya Sandhiyudha mengingatkan Warga Negara Indonesia yang berada di Malaysia tentang pentingnya pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik pada Pemilu dan Pemilihan 2024. Hal itu disampaikannya saat delegasi KI Pusat melaksanakan studi banding ke Malaysia pada 3-5 November, demikian rilis KI Pusat, Jumat (10/11/2023).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Menurut oleh Arya Sandhiyudha yang juga Wakil Ketua KI Pusat pembahasan dalam studi banding tersebut mengenai pendekatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan tata kelola pemerintahan yang baik (good government) di Indonesia dan Malaysia, terutama menjelang momen Pemilu dan Pemilihan 2024 di Indonesia.
Arya menyebutkan bahwa KI Pusat mengambil bagian untuk memastikan semua penyelenggara yang terdiri dari KPU, Bawaslu, dan DKPP bersama Partai Politik peserta Pemilu dan Pemilihan 2024 mempraktikkan Keterbukaan Informasi Publik. “Hak-hak informasi warga negara tersebut harus didapat, baik bagi yang berada di dalam negeri ataupun luar negeri,” jelasnya ke peserta diskusi di KBRI Malaysia .

Arya hadir bersama Komisioner Bidang Penelitian dan Dokumentasi (Litdok) KI Pusat Rospita Vici Paulyn, Komisioner Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi (ASE) Samrotunnajah Ismail, dan Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI) Syawaludin yang masing-masing menjadi Narasumber di dua kampus ternama Malaysia, yaitu Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universiti Teknologi Mara (UiTM).

“Komisi Informasi Pusat mengapresiasi inisiatif sangat positif dari elemen Pemerintah Malaysia dan elemen kampus untuk meningkatkan hubungan baik kedua negara, terutama dalam aspek keterbukaan informasi publik dan tata kelola pemerintahan yang baik,” ujar Arya lagi.

Menurutnya KI Pusat ikut mengawasi praktik Keterbukaan Informasi Publik masyarakat Indonesia yang berada di Malaysia karena negeri jiran ini merupakan salah satu negara dengan WNI berjumlah besar .”Saya bersama tiga Komisioner KI Pusat lainnya berkunjungi untuk mengedukasi ke KBRI Malaysia dan Masyarakat Indonesia di Malaysia,” ucapnya.

Sementara itu, dalam kunjungan Delegasi KI Pusat ke Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universiti Teknologi Mara (UiTM), sebagai Narasumber Arya mendorong kolaborasi ide tentang kerjaama riset dan edukasi Keterbukaan Informasi Indonesia-Malaysia yang mendapat respon yang sangat baik dari dua kampus ternama di Malaysia itu. Ia berharap supaya kerjasama yang telah dirintis tersebut semoga terwujud di tahun depan.

Ia mengucapkan terimakasih atas peran aktif civitas akademika UiTM dalam diskusi publik terutama para Profesor, Pakar, Doktor, dan Mahasiswa Jurusan Perang Urat Saraf (Information Warfare) dan Perhubungan Awam (Public Relations) mengenai Democracy, Open Government, and Public Information Transparency.

“Kami menyambut terbuka dan senang hati membantu jika ada riset, tulisan jurnal, kunjungan lapangan tentang KIP,” sambutnya.

Dalam kunjungan Delegasi KI Pusat ke Kantor Perdana Menteri Malaysia, Arya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pada diplomat disana. “Agenda Komisi Informasi Pusat tidak akan sukses dalam studi banding ke Malaysia kalau tidak disertai dukungan dan antusiasme UiTM, UKM, dan rekan diplomat di kantor PM Malaysia,” ujarnya.

Arya menegaskan, KI Pusat terbuka dan mengajak warga Malaysia partisipasi dalam agenda kegiatan lembaga mandiri Komisi Informasi Pusat.

Penulis : Imam Rosidi

Editor : Imam Rosidi

Sumber Berita : Siaran Pers

Berita Terkait

Menangkan Pilkada 2024, Sejumlah Pers Daerah dari Pulau Sumatera hingga Pulau Papua Siap Kolaborasi
Presiden Jokowi Dipastikan Tak Hadir di Rakernas PDI Perjuangan, Begini Penjelasan Pihak Istana
Di Rumah Kertanegara, Presiden Terpilih Pemilu 2024 Prabowo Subianto Terima Unsur Pimpinan Partai Nasdem
Partai Golkar Buka Pendaftaran Calon Wali Kota Medan, Menantu Presiden Jokowi Diharapkan Daftar Lagi
Salah Satunya Kaesang Pangarep, PSI Ungkap Alasan Ajukan 2 Nama Kader untuk Calon Gubernur DKI Jakarta
Narasi Presiden Jokowi Terlibat dalam Pengangkatan Menteri Kabinet Prabowo – Gibran, Istana Buka Suara
Terkait Tidak Lolosnya PPP ke Senayan, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PPP Sandiaga Uno Angkat Bicara
Temui Pengunjuk Rasa di Depan Gedung DPR/MPR, Politisi PDIP Merasa Dinolkan oleh Pemegang Kekuasaan
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.
delegasi KI Pusat melaksanakan studi banding ke Malaysia pada 3-5 November, demikian rilis KI Pusat, Jumat (10/11/2023). Foto: KI Pusat

Berita Terkait

Selasa, 28 Mei 2024 - 09:44 WIB

Bahas Potensi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Prabowo Subianto Terima Pemilik Gedung Burj Khalifa UEA

Minggu, 19 Mei 2024 - 13:12 WIB

Hadiri World Water Forum 2024 di Bali, Bos SpaceX Elon Musk Luncurkan Internet Starlink dengan Jokowi

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:50 WIB

Badan Pangan Nasional Ungkap Produksi Jagung Tengah Melimpah, Bulog Diminta Serap Hasil Panen Petani

Kamis, 9 Mei 2024 - 15:44 WIB

Profil Preskom AMMAN Group yang Masuk Jajaran Orang Terkaya RI Versi Media Forbes, Agus Projosasmito

Kamis, 25 April 2024 - 07:49 WIB

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Ungkap Alasan Harga Bawang Merah Mengalami Kenaikan

Rabu, 24 April 2024 - 10:18 WIB

Indonesia Tawarkan Sejumlah Proyek Strategis dalam World Water Forum ke-10 di Bali, Termasuk PLTA

Senin, 8 April 2024 - 05:21 WIB

Biaya Publikasi Press Release dengan Diskon Spesial 50 Persen s/d 31 Juni 2024 di Media Harianinvestor.com

Selasa, 26 Maret 2024 - 10:09 WIB

Menteri Koordinator Luhut Panjaitan Minta Pembayaran Klaim Minyak Goreng Sesuai Verifikasi Sucofindo

Berita Terbaru