Illegal Fishing, Bakamla Tangkap Kapal Vietnam di Laut Natuna Utara

- Pewarta

Minggu, 13 Agustus 2023 - 15:58 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

INFO MARITIM  – Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) melalui KN. Marore-322 berhasil menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam. Kapal itu diduga melakukan penangkapan ikan ilegal (illegal fishing) di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia di Laut Natuna Utara.

Dalam siaran persnya, Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara menyampaikan kronologi peristiwa tersebut. Kronologinya bermula ketika KN. Marore-322 pada hari Jumat (11/8/2023) saat yang sedang melakukan patroli keamanan dan keselamatan laut. Melihat adanya satu kapal yang sedang melaksanakan penangkapan ikan di perairan Indonesia pukul 09.58 WIB. “Melihat hal tersebut, juru radar melaporkan bahwa kapal itu tidak menyalakan AIS dan berposisi di baringan 317 jarak 12 Nm,” ujarnya.

Tidak tunggu lama, KN. Marore-322 mendekat ke kapal target. Pada pukul 10.28 WIB dengan jarak 1,4 Nm terlihat secara visual bahwa kapal ikan tersebut merupakan KIA bendera Vietnam dengan nama lambung BD 97178 TS. Namun sayangnya, sesaat kemudian kapal target melakukan manuver dengan maksud melarikan diri dari kejaran tim VBSS KN. Marore-322.

Alhasil pada pukul 10.58 WIB, Tim VBSS berhasil menghentikan dan naik ke kapal target. Setelah itu, dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen kapal, kru, muatan, serta lokasi KIA berdasarkan GPS.

Setelah dilakukan pemeriksaan awal, KIA Vietnam tersebut berisikan 12 Anak Buah Kapal (ABK) serta 5 ton muatan ikan. Selanjutnya, pukul 12.00 WIB KIA ditangkap dan dikawal menuju Batam guna penyelidikan lebih lanjut.

Dugaan sementara, kapal melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia tanpa dilengkapi dokumen dan perizinan yang jelas. Hal ini melanggar UU No. 45 Tahun 2009 tentang perubahan UU No. 31 Tahun 2004 tentang Perikanan Pasal 5 Ayat 1(b) dan UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

 

Penulis : Iman Rosidi

Editor : Iman Rosidi

Sumber Berita : Siaran Pers

Berita Terkait

Halal Bihalal: Kebersamaan dan Kolaborasi Antar PROPAMI, LSP Pasar Modal, dan BNSP
BNSP, Kementerian PUPR, LPJK Rancang Strategi Bersama untuk Meningkatkan Kualifikasi Asesor Badan Usaha di Industri Konstruksi
Warga Tangsel Temukan Kotak Peluru 29 Butir di Rumah Kosong, Polisi Ungkap Dugaan Pemiliknya
Tujuan FGD KADIN dan BNSP: Optimalisasi LSP dan Akreditasi LPK Konstruksi
Daftar Provinsi yang Gelar Pillkada Serentak pada 27 November 2024, Siapa Calon Gubernur Pilihan Anda?
Awas Potensi Banjir Rob pada 21-27 Januari 2024, BPBD DKI Jakarta Beri Imbauan bagi Warga Pesisir Jakarta
Pemerintah Komitmen Tingkatkan Kualitas Udara Jabodetabek
Tim SAR Evakuasi Seorang WNA Tergelincir di Diamond Beach
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.
Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) melalui KN. Marore-322 berhasil menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam. Foto: Bakamla

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 15:18 WIB

Dihantam Serangan Drone Ukraina, Kilang Minyak Klintsy di Wilayah Bryansk, Rusia Terbakar

Kamis, 21 Desember 2023 - 21:58 WIB

Sertifikasi Profesi Indonesia Mendunia: BNSP Bahas Kerja Sama di Hongkong

Jumat, 27 Oktober 2023 - 13:07 WIB

Indonesia Desak SMU PBB Bentuk Komisi Independen Selidiki Serangan Israel

Senin, 2 Oktober 2023 - 10:40 WIB

Pemerintah Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan ke Libya

Berita Terbaru