BNSP Memberikan Penguatan Dalam Tim Koordinasi Nasional Vokasi

Avatar photo

- Pewarta

Rabu, 17 Januari 2024 - 22:14 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Rapat Koordinasi TKNV 2024, Membahas Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Peran Strategis BNSP, Ruang Rapat Lantai 14 Kemenko PMK di Jakarta (17/01/2024). (Doc.Ist)

Foto: Rapat Koordinasi TKNV 2024, Membahas Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Peran Strategis BNSP, Ruang Rapat Lantai 14 Kemenko PMK di Jakarta (17/01/2024). (Doc.Ist)

INFOMARITIM.COM – Memasuki awal tahun 2024, Tim Koordinasi Nasional Vokasi (TKNV) kembali mengadakan pertemuan antar Kementerian dan Lembaga (K/L) Republik Indonesia melalui kegiatan rapat koordinasi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 14 Kemenko PMK di Jakarta (17/01/2024).

Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia, Deputi Bidang koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama.

Dalam rangka merealisasikan amanah Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 68 Tahun 2022 Tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi, Deputi Bidang koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Prof. Warsito, mengundang kembali Tim Koordinasi Nasional Vokasi (TKNV) untuk melakukan rapat koordinasi.

Dalam kesempatan ini, BNSP turut serta hadir untuk berkontribusi dalam penguatan program-program TKNV.

Syamsi Hari, Ketua BNSP, mengutus 2 orang Anggota komisioner untuk hadir memenuhi undangan tersebut, yaitu Prof. Amilin dan Adi Machfudz Wuhadji.

Prof. Amilin merupakan Komisioner BNSP yang saat ini masih menjabat sebagai Guru Besar FEB UIN Jakarta, sedangkan Adi Machfudz Wuhadji merupakan Komisioner BNSP yang saat ini masih menjabat sebagai salah seorang Wakil Ketua Kadin Pusat.

Ada 2 (dua) tugas yang harus dilaksanakan oleh TKNV yaitu, Pertama, Mengoordinasikan Tim Koordinasi Daerah Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi; dan Kedua, Mengoordinasikan Kelompok Kerja Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi di Kementerian/Lembaga, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, serta Komite Sektor.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, terdapat 9 (sembilan) strategi yang dijalankan oleh TKNV. Dari 9 (sembilan) strategi itu, BNSP bertugas untuk melaksanakan Strategi #7, yaitu memperkuat peran BNSP dalam penjaminan mutu sertifikasi kompetensi bagi peserta didik dan peserta latih.

Eksistensi BNSP dalam Tim TKNV ini menunjukkan peran yang sangat strategis. Berdasarkan akumulasi data sampai dengan Agustus 2023, ada beberapa capaian yang sudah diraih oleh BNSP, salah satunya adalah menghasilkan lebih dari 2 ribu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) aktif, 40 ribu Tempat Uji Kompetensi (TUK), 21 ribu skema, dan 67 ribu Asesor tersertifikasi BNSP.

Dalam forum rapat tersebut, Amilin menyampaikan bahwa “kegiatan tahun 2024 ini, yang dilaksanakan oleh BNSP, yang relevansinya terkait program vokasi, yaitu fokus pada peningkatan penjaminan mutu sertifikasi kompetensi.

Melanjutkan kegiatan evaluasi dan penjaminan mutu LSP secara berkala, meningkatkan program pengakuan sistem sertifikasi kompetensi di tingkat nasional dan intenasional.

Melakukan penyempurnaan tata kelola data dan sistem informasi guna penguatan skema sertifikasi oleh LSP di bawah supervisi BNSP.

Adi Machfudz Wuhadji mengusulkan dalam forum rapat ini, “untuk memudahkan koordinasi Tim TKNV, sudah saatnya kita menggunakan sistem aplikasi yang sudah digitalilisasi”.

Selain BNSP, pihak-pihak lain yang diundang dalam rapat koordinasi antara lain yaitu: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi; Kementerian Ketenagakerjaan; Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi; Kadin Indonesia; Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Kementerian Luar Negeri; Kementerian Keuangan; Kementerian Perindustrian; Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Kementerian Kesehatan; Kementerian Perhubungan; Kementerian Pertanian; Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Berita Terkait

Daftar Lengkap Susunan Kabinet Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, Berdasarkan Poster Viral
Pemerintah akan Lanjutkan Pemberian Bantuan kepada Para Petani Gagal Panen Akibat Terdampak Banjir
Usai Ungguli Pilpres, Dubes Dominic Jermey Beri Selamat ke Prabowo Subianto dari Perdaña Menteri Inggris
VIDEO – Wisuda 573 Mahasiswa Unhan, Menhan Prabowo Subianto: Indonesia Harus Kejar Penguasaan STEM
Prabowo Sebut Indonesia Harus Kejar Ketertinggalan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang STEM
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja Tanggapi Kritik Film Dokumenter ‘Dirty Vote’ buatan Dandhy Dwi Laksono
Gubernur Khofifah Indar Parawansa Resmikan SMKN Maritim Pertama di Indonesia Berlokasi di Lamongan
Ini yang Disampaikan Retno Marsudi kepada Menlu Selandia Baru Winston Peters Soal Pilot Philip Mehrtens
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 23 Februari 2024 - 20:22 WIB

Inilah Profil Sudayono yang Diisukan akan Menjadi Wakil Menteri Koperasi, UKM dan Pasar Tradisional

Kamis, 15 Februari 2024 - 10:44 WIB

Tak Boleh Euforia, Harus Rendah Hati: Prabowo Subianto Pidato Usai Unggul dalam Berbagai Quick Count

Rabu, 14 Februari 2024 - 18:25 WIB

Berdasarkan Survei Exit Poll, Indikator Politik Indonesia Sebut Prabowo – Gibran Unggul Sementara

Rabu, 14 Februari 2024 - 15:43 WIB

Prabowo Subianto Ungkap ke Deddy Corbuzier Belajar Kata ‘Gemoy’ Usai Ramai Disebut Warga

Sabtu, 10 Februari 2024 - 11:26 WIB

Capres Prabowo Subianto Nyatakan Indonesia Bangsa Terhormat, Bukan Bangsa Kacung

Rabu, 7 Februari 2024 - 15:08 WIB

Survei Poltracking Sebut Pemilih yang Dekat NU dan Muhammadiyah di Jatim Condong Pilih Prabowo – Gibran

Rabu, 7 Februari 2024 - 14:37 WIB

Presiden Jokowi Tegaskan agar Seluruh ASN, Anggota TNI dan Polri, hingga BIN Jaga Netralitas Pemilu

Kamis, 1 Februari 2024 - 11:40 WIB

Prabowo Subianto Sebut Indonesia Butuh Keberlanjutan Pembangunan Saat Hadiri Acara ‘Rabu Biru’

Berita Terbaru