Berita Perikanan

WTO Sepakati Usulan Indonesia Untuk Subsidi Nelayan Kecil

wto sepakati usulan indonesia subsidi nelayan kecil

Infomaritim, Jakarta – Konferensi Tingkat Menteri (KTM) Ke – 11 yang dilaksanakan pada 10 – 13 Desember 2017 di Buenos Aires, Argentina menghasilkan keputusan dari perundingan panjang yang berawal dari KTM di Jenewa, Swiss. Dalam keputusannya, Menteri-menteri Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) menyepakati untuk mengakomodasi kepentingan-kepentingan yang telah diperjuangkan Indonesia, seperti pemberantasan praktik Illegal, Unregulated and Unreported (IUU) Fishing dan peninjauan ulang penerapan subsidi perikanan.

“Dengan hasil ini, Indonesia telah mempertahankan posisi runding memberantas praktik Illegal, Unregulated, and Unreported (IUU) fishing dan melindungi kepentingan nasional untuk nelayan skala kecil dan artisanal”, ungkap Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta, Sabtu (16/12).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan bahwa dirinya sependapat dengan Enggar. Praktik IUU fishing sangat berdampak pada perekonomian nelayan-nelayan kecil di Indonesia yang dapat merugikan serta mampu menurunkan stok perikanan di Indonesia.

“Ini laut kita, seharusnya untuk kita, masyarakat Indonesia. Ini kok seenaknya saja para maling ini mengambil jatah kita, ini tentu tidak bisa dibiarkan. Kalau ikan kita pada habis dimalingi nanti Indonesia sisa apa. Mumpung masih banyak, tentu harus dijaga”, jelas Menteri Susi.

KKP terus mengupayakan berbagai cara dalam menjaga kedaulatan Indonesia, tidak hanya melalui program budidaya tapi juga kerjasama internasional.

Sumber: Sindonews

Tentang Penulis

admin

Tambahkan Komentar

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *