Berita Perikanan

Perikanan Di Manado Meningkat Positif Mencapai 5.184 Ton

perikanan di manado meningkat positif
Ilustrasi. Doc: metrotvnews.com

Infomaritim, Jakarta – Perikanan di Manado mengalami peningkatan positif yang mencapai angka sebesar 5.184 ton terhitung dalam semester pertama di 2017. Hal tersebut dinilai mampu untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan setempat.

“Produksi perikanan tangkap untuk semester pertama ini dihitung dari dua lokasi pengumpulan yakni di tempat pelelangan ikan Tumumpa Dua dan Calaca”, ucap Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Manado Nolfie Talumewa di Manado, yang dikutip dari Antara, Senin (20/10).

Berdasarkan penghitungan oleh Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Manado, produksi perikanan terbanyak dikumpulkan di tempat pelelangan ikan Tumumpa Dua. Jenis ikan yang banyak ditangkap adalah ikan pelagis, seperti cakalanga, baby tuna atau madidihang, malalugis, selar atau tude, tongkol atau deho dan sunglir atau manganganu. Sedangkan ikan karang juga ditangkap namun tidak sebanyak ikan pelagis, seperti Goropa dan ikan kuwe atau bobora.

“Ikan-ikan tersebut ditangkap para nelayan baik kelompok maupun perorangan dan langsung dibawa ke tempat pelelangan ikan untuk dijual kepada pedagang”, jelasnya.

Dikarenakan cuaca yang selalu berubah-ubah di setiap bulannya, menyebabkan nelayan tidak melaut atau tidak lama. “Tetapi tetap ada kelompok nelayan yang melaut sehingga hasilnya tetap dibawa ke pelelangan dan itu yang membuat harga ikan melonjak tinggi”, ucapnya.

Sumber: MetroTVNews

Tentang Penulis

admin

Tambahkan Komentar

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *