Berita Perikanan

Nilai Ekspor Perikanan Indonesia Mencapai US$ 3,6 Miliar Dalam 10 Bulan

nilai ekspor perikanan indonesia

Infomaritim, Jakarta – Indonesia menjadi negara yang mencapai tingkat nilai ekspor perikanan tertinggi dibanding dengan negara pesaing lainnya, seperti Thailand, Vietnam, China, dan Filipina. Nilai ekspor perikanan Indonesia berhasil meningkat dari US$ 3,4 miliar di tahun 2016 menjadi US$ 3,62 miliar di tahun 2017. Angka peningkatannya dalh sekitar 6,38% dalam periode Januari hingga Oktober 2017.

Adanya penurunan volume ekspor yang terjadi, tidak mempengaaruhi peningkatan nilai ekspor. Hal ini dikarenakan produk yang beragam dan memiliki nilai tambah. Meningkatnya volume impor juga diikuti oleh naiknya nilai impor yang tercatat mengalami kenaikan hingga 17,78%. Nilai impor yang meningkat tidak mempengaruhi terhadap neraca perdagangan dengan prosentase nilai impor hanya 10,9% terhadap nilai ekspor.

Negara-negara seperti Amerika Serikat (AS), Jepang, Tiongkok, serta kawasan Asia Tenggara dan Uni Eropa menjadi tujuan utama untuk ekspor perikanan Indonesia yang persentasenya mencapai 85,3% dari nilai ekspor dan 84,6% dari total volume.

Beberapa komoditas perikanan tercatat mengalami kenaikan volume ekspor perikanan per tahunnya untuk periode Januari-Oktober tahun 2012 hingga 2017. Di antaranya adalah Udang yang naik 3,24% per tahun, tuna-tongkol-cakalang (TTC) naik 3,04% per tahun, rajungan kepiting naik 1,12% per tahun, cumi-sotong-gurita (CSG) naik 9,47% per tahun dan rumput laut naik 1,85% per tahun.

Sedangkan komoditas perikanan yang tercatat mengalami kenaikan nilai ekspor per tahunnya untuk periode Januari-Oktober tahun 2012 hingga 2017 di antaranya Udang yang harganya baik 8,26% per tahun, rajungan kepiting naik 5,24% per tahun, cumi-sotong-gurita (CSG) naik 18,4% per tahun dan rumput laut naik 4,22% per tahun. Sementara harga tuna-tongkol-cakalang (TTC) turun 0,85% per tahun. (SS)

Sumber: Detik.com

Tentang Penulis

admin

Tambahkan Komentar

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *