Berita Event Perikanan

Jusuf Kalla Resmikan Pembukaan Acara Sail Sabang 2017

jusuf kalla membuka acara sail sabang 2017
Jusuf Kalla membuka acara puncak Sail Sabang 2017 di Terminal CT-3, Sabang Aceh, Sabtu (2/12). Doc. kemendagri.go.id/Humas Pemprov Aceh

Infomaritim, Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) meresmikan pembukaan acara puncak Sail Sabang 2017 di Terminal CT-3, Sabang Aceh, Sabtu (2/12). Melalui kesempatan tersebut JK menyampaikan rasa optimis pada pariwisata yang akan menjadi penggerak ekonomi bangsa di masa yang akan datang. Hal ini melihat kondisi infrastruktur di acara Sabang Sail 2017 yang terlihat aman walaupun cuaca hujan yang deras dan acara berjalan dengan baik.

“Ini membuktikan bahwa Sabang sudah punya infrastruktur pelabuhan yang baik. Kapal lihat saja, aman-aman saja. Tidak bergerak sama sekali. Paling hanya bergerak sedikit. Ini pelabuhan baik dan kegiatan Sail Sabang ini juga baik untuk daerah ini”, kata JK.

JK menjelaskan bahwa sudah banyak negara yang meningkatkan perekonomian masyarakatnya melalui pariwisata sebagai kebutuhan hidup. Sabang dinilai memiliki potensi maritim dan kekayaan alam yang melimpah dari karunia Tuhan, dan memiliki sumber daya manusia yang berpotensi dalam menyambut wisatawan. JK juga mengimbau Menteri Pariwisata Arief Yahya harus membangun brand yang baik, membangun cerita yang baik, serta penerimaan tamu juga harus baik.

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan juga mengucapkan selamat dan terima asih kepada seluruh pihak yang membantu Sail Sabang 2017. “Ini adalah buah hasil kerja Menteri Pariwisata Arief Yahya dan seluruh pihak terkait dalam mempersiapkan Sail Sabang 2017. Ini Sail yang terbesar selama 9 sail yang pernah ada. Kami akan terus berjuang menjadikan pariwisata menjadi sector lokomotif perekonomian bangsa”, ujar Luhut.

Dari Sail kali ini punya tiga hal penting, yakni SaPhula, regatta atau yachts race Sabang Phuket Langkawi, international free dive competition, dan pengembangan perikanan laut. Luhut memaparkan ahwa pihaknya akan berusaha terus mendorong pariwisata untuk bisa merealisasikan targetnya yakni 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019.

“Saat ini, pariwisata nomor 4 sebagai penghasil devisa negara, namun ke depan kami akan berusaha mendorong dan harus menjadi nomor satu penghasil devisa dengan 20 miliar Dollar”, kata Luhut yang juga memuji tarian kolosal Laksmana Malahayati karena berhasil memukau peserta yang datang di acara puncak Sail Sabang 2017. (SS)

Sumber: Detik.com