Berita Kebijakan & Regulasi Kelautan

Berantas Maling Ikan, Menteri Susi Selamatkan BBM Subsidi Indonesia

menteri susi selamatkan bbm subsidi indonesia
Ilustrasi Doc. Humas KKP

Infomaritim, Jakarta – Kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam melakukan pemberantasan maling ikan di wilayah perairan Indonesia, juga berhasil menyelamatkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi yang digunakan oleh kapal illegal.

Menurutnya, ada sekitar ribuan kapal illegal yang beraksi untuk mencuri ikan di perairan Indonesia dan kapal-kapal tersebut dengan bebas menggunakan BBM bersubsidi yang harusnya dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

“Kapal pencuri ikan yang puluhan ribu tadi, minyaknya dari BBM subsidi Indonesia. 3 tahun lalu kita masih ingat banyak warga yang mengantre BBM karena langka. Salah satu penyebabnya ini (digunakan kapal pencuri ikan)”, ucap Susi dalam kesempatannya memberikan kuliah umum di Universitas Pasundan, Bandung, Selasa (14/11).

Dengan adanya kebijakan tersebut, kapal-kapal illegal yang tersebar di laut Indonesia kini sudah jauh berkurang dari beberapa tahun sebelumnya. Hal tersebut terlihat dari hasil foto pantauan satelit.

“Foto-foto satelit tahun 2014 lampu di wilayah Kalimantan ramainya di laut karena kapal tadi. Begitu selesai satu tahun (sejak penenggelaman kapal) sekarang sudah berkurang”, ungkapnya.

Sumber: Detik.com

Tentang Penulis

admin

Tambahkan Komentar

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *