Berita Perikanan

Badai Siklon Pengaruhi Hasil Tangkapan Nelayan

Badai Siklon pengaruhi hasil tangkapan nelayan
Foto Satelit Badai Siklon Tropis doc.2.bp.blogspot.com

Infomaritim, Jakarta – Cuaca ekstrim badai siklon Tropis Cempaka yang terjadi pada beberapa waktu lalu memberikan dampak pada hasil tangkapan ikan nelayan. Hal tersebut disampaikan oleh Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Siklon itu jelas memengaruhi, karena ikan-ikan itu juga seperti manusia. Mereka punya kemampuan beradaptasi yang luar biasa, jadi ikan pindah-pindah.”, ucap Direktur Jenderal Perikanan tangkap KKP Sjarief Widjaja, seperti dikutip dari Antara, di Kabupaten Bantul, DIY, Senin (11/12).

Badai siklon yang terjadi menjadi salah satu penyebab menurunnya hasil tangkapan ikan nelayan. Hal tersebut dikarenakan ikan-ikan menjauh dari lokasi perairan yang terkena badai.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Detik.com, Badai Siklon mengakibatkan gelombang tinggi sekitar 4 meter hingga mencapai 6 meter. Salah satunya adalah di sekitar Pelabuhan Merak – Bakauheni yang gelombangnya bisa mencapai 4 meter.

Baca Juga : KKP Khawatirkan Aktivitas Gunung Agung Hambat Ekspor Tuna

Dirjen menambahkan, apabila ada badai siklon-siklon seperti Cempaka dan Dahlia seperti itu mereka para nelayan akan memilih untuk tidak melaut dan menangkap ikan, dikarenakan hasilnya yang tidak sesuai dengan harapan.

“Dan saya rasa sebagai insan professional yang bekerja di laut, mereka pasti akan menyesuaikan dengan cuaca, dan siklon ini suatu gejala alam yang selalu kita hadapi pada setiap saat”, ungkap Sjarief  Widjaja. (SS)

Sumber: MetrotvNews