Berita Internasional Kelautan

Permasalahan Laut Harus Jadi Bagian Dari Paris Agreement

permasalahan laut
Permasalahan laut yang terus mengkhawatirkan menjadi pembahasan dalam COP 23. Doc. Pixabay

Infomaritim, Jakarta – Permasalahan efek perubahan iklim bagi laut menjadi salah satu pembahasan utama dalam Konferensi Para Pihak (COP 23) anggota Kerangka Kerja Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFCCC). Hal ini langsung disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenko Bisang Kemaritiman Arif Havas Oegroseno yang menjadi salah satu pembicara dalam sesi “Ocean Actions Day” mengenai negosiasi Kesepakatan Paris (Paris Agreement) tidak menyertakan akar kelautan dan hukum laut.

“Kami minta ada sebuah upaya internasional agar masalah laut menjadi bagian dari Paris Agreement. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan revisi ‘Paris Agreement’ atau dengan mekanisme lain yang dapat disepakati bersama”, ungkapnya.

Menurut sebuah studi yang dipresentasikan dalam COP 23, kondisi ekosistem laut saat ini sangat membahayakan yang akan mengakibatkan pengurangan jumlah stok ikan di laut. Hal tersebut ditunjukkan dalan sebuah studi yang dipresentasikan bahwa keasaman permukaan samudera naik hingga 26% bila dibandingkan dengan masa sebelum revolusi industry.

Havas juga menyampaikan bahwa dalam menghadapi perubahan iklim adalah upaya yang mahal dan negara-negara yang menghadapi ancaman yang sama untuk membentuk kerjasama dan aliansi bersama. “Di Sesi parallel itu saya sampaikan gagasan pembentukan forum negara kepulauan dan negara pulau bekerja sama melakukan berbagai langkah adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim”, jelasnya.

Acara “Ocean Actions Day” dihadiri oleh komisioner Lingkungan Hidup, Maritim, dan Perikanan Uni Eropa Karmenu Vella, Menteri Energi Jerman Joschen Flashbart, Menteri Perikanan Fiji Inia Seruiratu, Wakil Presiden World Bank untuk Pembangunan Berkelanjutan Laura Tuck, Ketua Tim negosiator COP 23 dari Fiji dan Chile. Akademisi dari AS, Eropa, dan Asia turut pula hadir dalam sesi tersebut.(SS)

Sumber: Okezone.com

Tentang Penulis

admin

Tambahkan Komentar

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *