Berita Kelautan

Mendagri Harapkan Pemerintah Daerah Wujudkan Indonesia Poros Maritim

mendagri harapkan pemerintah daerah wujudkan indonesia poros maritim
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo hadir dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) pemadam kebakaran tahun 2017 di Hotel Grand Sahid Jaya Jalan Jenderal Sudirman Kav. 86 Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2017) Doc. Kompas.com

Infomaritim, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan mempercepat terwujudnya Indonesia sebagai poros maritim dunia sebagaimana yang sering diucapkan oleh Joko Widodo – Jusuf Kalla melalui pemerintah daerah yang memiliki potensi di sector kelautan dan perikanan. Tjahjo mengharapkan pemerintah daerah dapat mengalokasikan anggaran lebih pada sector tersebut.

“Memang (sejumlah pemerintah daerah) kalau itu harus didorong selatan Jawa, Utara Jawa, Maluku Utara, Kepulauan Riau”, ­­ungkap Tjahjo saat ditemui di Istana Presiden, Jakarta, Jumat (3/11).

Tjahjo juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah yang memiliki potensi di sektor kelautan dan perikanan juga harus terintegrasi dengan program pemerintah pusat yang dijalankan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dibawah kepemimpinan Menteri Susi Pudjiastuti.

“Yang paling penting program pusat dan daerah itu terintegrasi. Pembangunan infrastrukturnya jalan. Pembangunan fasilitas untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan juga. Jaring, coldstorage, pemasarannya”, ujar Tjahjo.

Menurut informasi yang dilansir oleh Kompas.com, Menteri Susi mengungkapkan kegelisahannya terhadap implementasi konsep Indonesia poros maritime dunia. Setiap kementerian dan pemerintah daerah diwajibkan mengalokasikan anggarannya untuk program-program kerja yang sejalan dengan konseo Indonesia menjadi poris maritim dunia dan laut adalah masa depan bangsa. (SS)

Sumber: Kompas.com

Tentang Penulis

admin

Tambahkan Komentar

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *