Berita Perikanan

KKP Resmikan AkuBisa Sistem Perizinan Berbasis Online

akubisa aplikasi perizinan untuk kegiatan perikanan budidaya
Ilustrasi

Infomaritim, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengubah sistem perizinan berbasis online dengan meresmikan AkuBisa (Aplikasi Kegiatan Usaha Bisnis Akuakultur) utnuk kegiatan usaha perikanan budidaya.

“Hal ini akan lebih meningkatkan kualitas layanan, teruta,a ketepatan dan efisiensi waktu layanan, sebagai upaya memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat”, Dirjen Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, Selasa (24/10).

Melaui pelayanan AkuBisa, diharapkan lebih terkontrol, terpantau, cepat, tepat, dan lebih dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, aplikasi dapat melayani tiga aktivitas, yaitu Pemasukan Ikan Hidup (SIAPIH), Surat Izin Pengangkutan Ikan Hidup Hasil Pembudidayaan (SIKPI), dan Rekomendasi Pembudidayaan Ikan dan Penanaman Modal (RPIPM).

Izin online ini juga telah terintegrasi dengan sistem monitoring yang ada di Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) dan Bea Cukai sehingga ketertelusuran, mempermudah control, dan penyediaan basis data yang tepat.

Hingga Oktober 2017, jumlah izin yang telah diterbitkan oleh Ditjen Perikanan Budidaya untuk ketiga perizinan masing-masing izin pemasukan ikan hidup sebanyak 39 izin, SIKPI sebanyak 35 izin, dan rekomendasi pembudidayaan ikan penanaman modal sebanyak 2 izin.

Sumber: Tempo

Tentang Penulis

admin

Tambahkan Komentar

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *