Berita Perikanan

KKP Berikan Bantuan API Ramah Lingkungan Di Tegal

api ramah lingkungan
Ilustrasi

Infomaritim, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui kebijakannya untuk mewajibkan nelayan menggunakan alat penangkapan ikan (API) ramah lingkungan dan menindak keras praktik IUU (Illegal, Unreported, and Unregulated) fishing memberikan dampak positif pada angka stok ikan nasional yang terus meningkat hingga 2016 yang mencapai 12,5 juta ton.

Dengan adanya kebijakan tersebut, KKP juga memberikan bantuan API ramah lingkungan kepada nelayan di daerah-daerah salah satunya kota Tegal yang mendapat bantuan sebanyak 141 paket dan kabupaten Tegal sebanyak 129 paket. Ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan untuk mengembangkan usaha perikanan tangkap secara berkelanjutan.

“Bantuan API ramah lingkungan ini saya harapkan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memanfaatkan sumber daya ikan yang melimpah itu secara lestari. Mari kita manfaatkan dengan tepat”, ungkap Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Sjarief Widjaja dalam siaran tertulis, Senin (13/10).

Sjarief mengatakan Provinsi Jawa Tengah hingga saat ini telah memfasilitasi permodalan untuk nelayan mencapai Rp 138,283 milyar. Khusus untuk cabang Tegal, BRI sudah memfasilitasi permodalan dengan KUR Mikro Nelayan sebesar Rp. 6,2 miliar dengan 573 debitur sedangkan untuk KUR Ritel mencapai Rp 5,5 miliar dengan 22 debitur.

Sumber: Tempo.co

Tentang Penulis

admin

Tambahkan Komentar

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *