Berita Perikanan

Hari Ikan Nasional, KKP Ajak Warga Konsumsi Ikan Lokal

hari ikan nasional
Ilustrasi

Infomaritim, Jakarta – Hari Ikan Nasional yang telah disahkan di tanggal 21 November disambut meriah dengan perayaan yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah. Melalui perayaan ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga kembali mengingatkan warga untuk mengkonsumsi ikan local.

“Makanlah ikan local, seperti ikan patin local”, kata Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto Perbowo dikutip dari Antara, Selasa (21/11).

Nilanto menambahkan, ikan patin atau catfish adalah ikan yang banyak ditemui di daerah tanah air sehingga masyarakat selayaknya mengutamakan konsumsi produk local. Hal ini juga mengingat adanya fillet impor ikan patin yang diduga mengandung zat yang berbahaya.

KKP perlu memaksimalkan pengelolaan sumber daya perikanan di kawasan perikanan Indonesia mengingat stok perikanan yang ada di Indonesia sangat melimpah.

“Klaim melimpahnya stok ikan perlu didukung dengan tata kelola perikanan berkelanjutan”, kata Direktur Eksekutif Center of Maritime Studies for Humanities Abdul Halim.

KKP dinilai belum maksimal melakukan pengelolaan sumber daya ikan karena pemberian izin penangkapan ikan tidak menggunakan hasil Komisi Nasional Pengkajian Stok Ikan (Komnas Kajiskan) sebagai bahan pertimbangan. Abdul Halim menambahkan pelayanan perizinan perikanan seperti pengurusan Surat Laik Operasi (SLO) memerlukan waktu selama tiga bulan.

Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) mengingatkan agar regulasi yang dikeluarkan di sector kelautan dan perikanan jangan sampai menghambat nelayan untuk mengakses sumberdaya perikanan di kawasan perairan nasional. (SS)

Sumber: Metrotvnews

Tentang Penulis

admin

Tambahkan Komentar

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *