Berita Internasional Kelautan

Polairud Tangkap Kapal Asing Berbendera Malaysia Di Perairan Aceh

polairud tangkap kapal asing
Ilustrasi.

Infomaritim, Jakarta – BKO Polairud Mabes Polri menangkap kapal asing yang menggunakan bendera Malaysia di perairan Aceh yaitu 40 mil dari bibir Pantai Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Aceh. Personel Polairud menduga kapal asing tersebut mencuri ikan di wilayah Aceh dan menemukan barang bukti sekitar 300 kilogram ikan campuran.

“Saat patroli, personel Polairud melihat adanya kapal asing yang menggunakan Bendera Malaysia dengan nomor lambung KHF 1338 melewati batas wilayah perairan Indonesia”, kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Goenawan saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (9/10).

Dalam penangkapan tersebut, ada 5 (lima) anak buah kapal (ABK) yang berada di kapal tersebut, dua diantaranya berasal dari Thailad dan tiga orang asal Myanmar. Penangkapan kapal yang berwal dari dugaan mencuri ikan ini terjadi pada minggu (8/10) kemarin. Usai ditangkap, polisi masih beberapa ABK dan menarik kapal ke daratan.

“Kapal saat ini sudah disandarkan di Pelabuhan Kuala Langsa beserta nahkoda dan ABK-nya untuk menjalani pemeriksaan labih lanjut”, ungkap Goenawan. (SS)

Sumber: Detik.com