Berita Kelautan

LSM Kiara: Pencabutan Moratorium Reklamasi, Ruang Hidup Nelayan Terampas

Pencabutan Moratorium

Infomaritim, Jakarta – Koalisi Rakyat utnuk Keadilan Rakyat bersikeras menolak proyek Reklamasi Teluk Jakarta yang saat ini telah melalui tahap pencabutan moratorium. Menurut Kiara dengan adanya pencabutan moratorium tersebut akan menyebabkan ruang strategi untuk nelayan terampas.

“Laut bagi mereka itu kan seperti ladang, tempat mereka bekerja. Dengan dicabutnya moratorium maka mereka ruang strategisnya terampas”, ucap Susan Herawati, Sekretaris Jenderal Kiara ketika dihubungi oleh Republik.co.id, Senin (9/10).

Menurut keterangan Susan, penghasilan nelayan selama beberapa bulan terakhir kembali stabil karena adanya penghentian reklamasi. Dikhawatirkan dengan dilanjutkannya reklamasi, tangkapan hasil nelayan kembali menurun. Nelayan kerang hijau di pesisir Kaliadem juga menolak adanya kelanjutan reklamasi. Mereka khawatir tidak ada masa depan yang cerah bagi nelayan.

Baca Juga: Pasir Sampit Untuk Reklamasi Teluk Jakarta, Tangkapan Nelayan Menurun

“Kami kan sehari-hari di laut, mencari makan di laut. Kalau reklamasi jalan terus nanti bagaiimana anak cucu kami? Pemerinta kan enggak selamanya menanggung hidup kami”, kata Ipa Sarira, seorang nelayan kerang hijau dan merupakan istri dari Kalil, Wakil Keua Kelompok Nelayan Tradisional di Muara Angke, Senin (9/10). (SS)

Sumber: Republika