Berita Perikanan

KKP Berikan Bantuan Alat Penangkapan Ikan Ke Nelayan Cirebon & Indramayu

bantuan alat penangkapan ikan ke nelayan cirebon dan indramayu
Nelayan Cirebon dan Indramayu menerima secara simbolis bantuan alat penangkapan ikan, permodalan dan klaim asuransi nelayan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja yang didampingi Walikota Cirebon Nasrudin Azis, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Jafar Ismail, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan Cirebon Imas Masriah, serta Kepala Dinas Perikanan Kabupaten/Kota setempat. (12/10) Doc. KKPNews

Infomaritim, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) memberikan bantuan alat penangkapan ikan (API) kepada Nelyan Cirebon dan Indramayu. Sebanyak 408 paket bantuan yang diberikan oleh KKP dan diserahkan secara simbolis kepada nelayan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja, serta didampingi Walikota Cirebon Nasrudin Azis, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Jafar Ismail, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan Cirebon Imas Masriah, serta Kepala Dinas Perikanan Kabupaten/Kota setempat, Kamis (12/10).

Bantuan yang diberikan bernilai mencapai Rp. 10,54 miliar. Bantuan tersebut diberikan kepada 408 nelayan yang tergabung dalam 37 koperasi dengan beragam jenis dan ukuran.

Dalam kesempatan tersebut, Sjarief Widjaja mengatakan bantunan pemerintah sangat membantu nelayan.

“Pemerintah hadir dalam memberikan solusi bagi nelayan untuk mengembangkan usahanya antara lain melalui pemberian bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan. Langkah ini menjadi salah satu bukti bahwa pilar kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan sama-sama sangat penting dan saling sinergis untuk diwujudkan. Demikian pula pilar keberlanjutan, tak hanya keberlanjutan sumber daya ikan, tetapi yang tak kalah penting adalah keberlanjutan usaha perikanan tangkap dari para nelayan kita yang sangat kita cintai dan banggakan ini”, ucap Sjarief usai penyerahaan bantuan kepada nelayan di PPN Kejawanan Cirebon.

 Sjarief menambahkan bahwa kegiatan banntuan API ini merupakan program prioritas Ditjen Perikanan Tangkap dan diahrapkan mampu memperkuat armada perikanan tangkap nasional. Selain itu DJPT juga melakukan kegiatan program prioritas lainnya utnuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan nelayan seperti bantuan kapal perikanan, pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) dll.

Penyerahan simbolis kartu nelayan dan klaim asuransi juga dilakukan dan diberikan kepada 10 nelayan. Total klaim asuransi nelayan untuk Kabupaten Cirebin dan Indramayu mencapai Rp 1,68 miliar. Wilayah Jawaa Barat pada tahun 2017 menargetkan 17. 550 orang yang menerima bantuan asuransi dan hingga saat ini telah terealisasi sebanyak 15.802 orang. (SS)

Sumber: KKPNews

Tentang Penulis

admin

Tambahkan Komentar

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *