Berita Perikanan

Ikan Kembung Melimpah, Nelayan Kayong Utara Obral Harga Murah

nelayan kayong utara

Infomaritim, Jakarta – Nelayan Kayong Utara mengobral ikan kembung hasil tangkapan mereka dengan harga Rp 10.000 perkarung karena .Hal tersebut terjadi karena tidak adanya pasokan es di Kabupaten Kayong Utara dan jumlah tangkapan ikan mereka sangat melimpah sehingga juragan atau penampung ikan sudah tidak mampu menampung ikan dari nelayan.

“Juragan dan penampung tak mampu membelinya, karena es tidak ada sehingga dari pada mubazir ya dijual seperti ini daripada mubazir, itung itung sedekah”, ucap Muhammad, salah satu nelayan di Tanjung Satai Kecamatan Pulau Maya.

Muhammad menambahkan, hasil tangkapan mereka terbilang sangat lumayan. Satu kapal mampu menangkap ikan hampir 4 sampai 6 ton. Menurut pantauan Antara, di setiap kapal nelayan yang bersandar dan melakukan bongkar muat ikan di PPI Telok Batang sedikitnya terdapat 15 kapal dengan rata-rata satu ton ikan segar disetiap kapalnya.

Ikan kembung yang biasanya dijual dengan harga Rp 25.000 – Rp 30.000 perkilogram ini dijual dengan harga yang sangat murah yakni Rp 10.000 sampai Rp 20.000 perkarung uang membuat ratusan warga masyarakat Telok Batang seperti mendapat keberkahan.

Subandi, warga Telok Batang menceritakan bahwa dirinya dan rekan-rekannya sibuk mencari karung untuk membawa ikan, karena ikan yang begitu banyaknya.

“Orang-orang disuruh ambil sendiri di kapal tidak pakai timbang karena tidak ada timbangan, Alhamdulilah ini rejeki yang tidak disangka-sangka”, katanya. (SS)

Sumber: Antara