Berita

Tawarkan Pensiun Dini, KKP Siapkan Golden Shake Hand Bagi PNS

menteri-susi

Infomaritim, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menawarkan pensiun dini kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang saat ini berjumlah sekitar 10.800 orang. Menteri Susi akan menawarkan pensiun untuk 1.000 pegawai KKP dan akan dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu tiga tahun ke depan. KKP telah menyiapkan “Golden Shake Hand” minimal Rp. 200 – 300 juta bagi 1.000 pegawainya yang mengajukan pensiun dini secara sukarela sebelum habis masa jabatan.

Ketua Umum Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Zudan Arief Fakhrullah menyambut baik wacana KKP yang menawarkan pensiun dini. “Tawaran setelah pensiun dini dapat golden shake hand bagus itu banyak yang mau”, ucapnya, Jumat (15/9).

Zudan juga menganggap bahwa wacana perampingan pegawai KKP dengan cara pensiun dini itu tidak memiliki dampak negatif.

“Bila bersifat sukarela tidak ada negatifnya karena memberi peluang bagi PNS yang merasa tidak bias berkembang ada pilihan lain. Positifnya di kementerian tersebut bisa melakukan manajemen kepegawaian yang lebih terfokus”, ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dilansir Kompas.com, Menteri Susi mengatakan tawaran pensiun dini tersebut dalam rangka efisiensi dan perbaikan kualitas sumber daya manusia (SDM) di KKP dalam 3 tahun ke depan. Penawaran tersebut juga diprioritaskan untuk pegawai KKP yang sudah memiliki masa kerja lebih dari 10 tahun dan sudah berusia lebih dari 50 tahun.

Rencananya KKP juga akan membuka lowongan untuk para pegawai baru yang lebih fresh dan lebih kompeten untuk meningkatkan kualitas SDM. Tahun ini, KKP telah membuka 329 lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Rencananya 329 CPNS itu akan ditempatkan di lebih dari 30 posisi. Adapun syarat yang ditentukan, yaitu harus memiliki rekomendasi universitas sebagai lulusan terbaik dari setiap jurusan. (SS)

Sumber: Kompas.com