Berita Perikanan

Perhatikan Keseimbangan Ekosistem, Pesan Menteri Susi Pada Pengusaha Budidaya

menteri susi diharapkan tingkatkan pembangunan kelautan
Dok. Humas KKP/Regina Safri

Infomaritim, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam kunjungannya ke Kota Kendari, Sulawesi Tenggara menyampaikan pidato di depan Gubernur Sulawesi Tenggara, Rektor Universitas Haluoleo, dan dekan-dekan Fakultas Perikanan Universitas Haluleo, Sabtu (16/9).

Berdasarkan informasi yang dilansir KKPNews, dalam pidatonya Menteri Susi menyampaikan tentang peluang pembudidayaan ikan di Indonesia. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah keuntungan yang didapat, termasuk biaya pemeliharaan lahan. Jangan sampai usaha yang dilakukan membuat alam tidak seimbang dan menyebabkan bencana.

“Jangan sampai semua (kegiatan usaha budidaya) meninggalkan lubang-lubang besar, recovery tidak ada, bencana alam terjadi. Bencana alam itu kerugian negara dan masyarakat. Pertama alam rusak, kedua adanya kehilangan harta dan nyawa, ketiga penurunan ekonomi. Kalau ini sudah terjadi pembangunana akan susah kita laksanakan lagi”, kata Menteri Susi.

Baca Juga: KKP Bangun Kawasan Perikanan Terintegrasi Di Muara Baru

Selain budidaya ikan tawar, budidaya ikan laut bisa menjadi peluang yang dapat dikembangkan. Menteri Susi berharap, masyarakat Indonesia khususnya Kendari bisa betul-betul menjadikan laut sebagai masa depan bangsa dan menumbuhkan semangat yang lebih dalam mengelola sumber daya laut.

“Saya yakin masyarakat Sulawesi pasti bisa membuat alamnya tetap terjaga dan bersikap ramah terhadap lingkungannya”, tutup Menteri Susi. (SS)

Sumber: KKPNews